Senin, 09 Maret 2015

WASPADA !!! SEBARAN PESAN MERESAHKAN DI HP KITA

Hasil gambar untuk lagi smsanDeskripsi  Masalah

Banyak lembaran dan SMS yang mengatasnamakan para wali yang disebarkan ke masyarakat dengan berisikan janji-janji bagi orang yang mempecainya dan ancaman-ancaman bagi yang tidak mempercayainya. Sebagian selebaran itu mengharuskan kepada yang menerimanya untuk memfoto chopy  seratus lembar dan disebarkan pada orang lain.

Disamping itu banyak SMS yang isinya antara lain: ”Tanzilal ‘azizir rahim litundzira qauman ma undzira aba’uhum fahum ghaafiluun”. Kirim surat yasin ini mnimal ke-10 org, insya Allah 2 jam kemudian  kmu akn mndengar kbar baik n mndaptkan kbhagiaan. Dmi Allah ini amanah dr Habib Muh bin Hasan al-Athas pekalongan. Mhn jgn dihpus sblm disbrkan ke-10 org. kmu akn mndptkan ssutu yg tdk diignkan”. SMS seperti ini banyak menimbulkan keresahan, karena di samping menjanjikan kejutan-kejutan atau kebahagiaan tak terduga, juga menimbulkan ketakutan-ketakutan psikologis karena dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat  keramat seperti Rasulullah saw, wali, habib, kiai, ayat-ayat Al-Qur’an dan lain-lain.
Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya mengirimkan, menyebar dan meyakini SMS atau selebaran yang berisikan janji-janji dan ancaman  baik bagi pengirim maupun penerima sebagaimana Deskripsi  diatas?
Jawaban :
Mengirimkan, menyebarkan dan mempercayai SMS dan selebaran yang berisikan al-ghara’ibul al-mustaqbal seperti janji-janji dan ancaman-ancaman yang tidak didukung oleh dalil naqlimaupun dalil akli hukumnya haram. Sebab SMS dan selebaraan seperti itu sangat berpotensi menimbulkan keresahan-keresahan dan ketakutan di  masyarakat.
Al-Maraji’ :


  1. Hudal Islama, fatawa mu’ashirah 201-2
  2. Syarah Sullam Taufiq hlm 84
  3. Buraiqah Muhammadiyah juz III hlm 124
  4. Dan lain-lain
  5. Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts